Mengatur Perilaku Diri Sendiri

REFLEKSI II.jpgMenurut Bandura, perilaku manusia tidak ditentukan oleh imbalan dan hukuman, manusia memiliki kemampuan dalam mengatur perilakunya sendiri.
Manusia mempelajari hal-hal dari pengalamannya, kemudian menetapkan suatu standar untuk mengevaluasi diri sendiri yang disebut performance standards.
Manusia juga memiliki apa yang disebut sebagai self-efficacy yaitu anggapan tentang kemampuan diri sendiri.
Seiring perkembangan, manusia juga mengembangkan moral code yaitu suatu ukuran yang dibuat untuk menilai baik buruk, benar salah.
Berperilaku sesuai dengan standar performa yang ditetapkan akan dinilai positif oleh diri sendiri, dan negatif jika sebaliknya. Performance standard yang terlalu tinggi akan membuat manusia berada dalam tekanan, karena standar yang ditetapkan melebihi kemampuan sesungguhnya.
Memiliki self-efficacy yang tinggi akan membuat manusia yakin mampu melawan ketakutan dan menghadapi kehidupan. Namun self-efficacy yang terlalu tinggi justru malah membuat manusia frustasi, putus asa, dan mudah menyerah. Self-efficacy yang baik adalah yang sesuai dengan kemampuan sesungguhnya.
Moral code biasanya ditanamkan sejak kecil oleh orang tua, moral code ini akan menentukan perilaku seseorang. Melanggar moral code yang sudah ditanamkan sejak kecil akan menimbulkan apa yang disebut dengan self-contempt yaitu penghinaan terhadap diri sendiri dan penyesalan.
Self-contempt bisa mengarahkan pada mekanisme pembeelaan diri yang salah.
Jadi, pada hakikatnya manusia mampu menentukan perilaku nya sendiri tergantung pilihan mana yanh manusia pilih untuk menjalani kehidupannya.
Selamat memilih, pilihlah dengan bijak untuk mencapai kehidupan yang bahagia 🙂
*ps: belajar psikologi belajar itu menyenangkan, menantang, mengasah kreatifitas, mendorong berfikir out of the box 🙌
Salam,
Nurul Fadillah
1504921
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s