Cerpen diadaptasi dari Konsep BF Skinner

Diposting oleh: Ulfah Hayati

selesaiMungkin sebagian dari kalian memiliki orangtua yang sering mengatur dan terkadang melarang hal yang sebenarnya kita sukai, jika ya mungkin juga kalian sama seperti saya yang dulu berpikiran bahwa orangtua itu sangat menjengkelkan. Mereka memerintah dan melarang sekemauan mereka, menyuruh kita mengerjakan tugas sekolah, belajar, tidak boleh pulang malam, tidak boleh berbohong dan masih banyak larangan yang lainnya. Setiap orangtua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, mereka ingin anak mereka berpendidikan, sukses, dan tentunya dapat membuat mereka bangga atas apa yang telah anaknya lakukan. Orangtua saya dulu selalu memberikan hadiah ketika saya mendapatkan peringkat terbaik di kelas dan jika peringkat saya turun maka tidak ada hadiah untuk saya.

Satu kejadian yang saya mengerti sekarang, dulu setiap pukul 19.30-22.00 WIB saya harus keluar dari kamar tidur saya menuju ke ruangan khusus buku-buku yang biasa kami sebut perpustakaan kecil untuk belajar dan mengerjakan tugas-tugas sekolah yang keesokan harinya akan dikumpulkan. Saya sangat jengkel harus melakukan rutinitas seperti itu walaupun keesokan harinya orangtua saya memberikan uang saku lebih sebagai hadiah karena sudah belajar ketika malam. Sebenarnya setiap malam saya selalu ingin menggambar dan mewarnai karena memang hal itu sangat saya sukai. Akan tetapi, mereka melarang saya melakukan itu karena mereka menganggap bahwa itu hanya membuang-buang waktu karena memang jika saya sudah menggambar maka saya akan lupa waktu dan lupa tugas sekolah saking asyiknya.

Berdasarkan hal diatas, jika melihat dari sudut pandang orangtua maka disitu orangtua menginginkan saya tumbuh menjadi orang yang pintar karena setiap malam mereka memerintahkan saya untuk terus belajar. Karena saya selalu menuruti perintahnya untuk belajar, maka orangtua saya memberikan imbalan dengan memberikan uang saku yang lebih seperti yang telah saya sebutkan. Dan juga mereka menciptakan adanya konsistensi dengan cara memfasilitasi dan menata lingkungan yang ada dirumah saya dengan buku-buku sehingga lingkungan yang seperti itu mendukung perilaku yang mereka tuju tadi.

Disatu sisi yang berbeda jika dilihat dari sudut pandang saya dulu. Salah satu alasan setiap malam saya mau belajar adalah saya menginginkan imbalan yang mereka berikan untuk saya kumpulkan sehingga saya dapat membeli alat-alat menggambar karena memang pada saat itu alat-alat menggambar yang saya miliki disimpan oleh orangtua saya karena saya dilarang untuk menggambar karena dianggap membuang-buang waktu.

Jika dikaitkan dengan teori B.F Skinner,  penguat primer/ utama dalam kasus ini adalah kreativitas yaitu menggambar, dan uang merupakan penguat sekunder yang kemudian dipasangkan dengan lebih dari satu penguat utama. Jadi, uang merupakan penguat yang digeneralisasikan karena uang ini diasosiasikan dengan banyak penguat utama, dengan uanng tersebut akhirnya saya dapat membeli peralatan menggambar. Karena stimulusnya ini kuat, maka saya akan cenderung mengulanginya lagi.

Leave a Reply

