Effective Learning

Teori belajar Efektive yang dicetuskan oleh BF skinner ini adalah bentuk atau cara-cara yang jika digunakan akan sangat membantu siswa beserta guru mencapai tujuan pembelajaran. Namun sayangnya sampai saat ini prinsip-prinsip ini belum diterapkan di Indonesia secara menyeluruh. Skinner juga menjelaskan teknik pembelajaran yakni metode ceramah sangat tidak efektif karena belajar dari satu arah saja tetapi kebanyakan diSD, SMP, SMA bahkan kuliah masuh memakai metode tersebut. Namun saya yakin pendidik (guru) tahu betul mana metode yang efektif pada saat belajar dikelas. Tidak semua siswa berkemampuan sama. Tidak harus menyamaratakan. Karena guru yang pandai adalah ia yang mengerti keadaan muridnya.

Eva Hermawati

Psikologi UPI

2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s