Belajar Skinner

Skinner pernah berkataA failure is not always a mistake, it may simply be the best one can do under the circumstances. The real mistake is to stop trying.

Dari teorinya Saya memahami bahwa sebuah penguatan berupa reinforcement akan lebih efektif untuk meningkatkan perilaku yang diharapkan dalam proses pembelajaran. Dalam kehidupan sehari-haripun kadang kita tak lepas dari apa yang namanya reinforcement. Beberapa perilaku akan terus kita lakukan berkat penguatan yang diberikan, seperti halnya ketika kita dipuji teman karena berpakaian rapi dan menarik, maka perilaku itu akan terus dilakukan.

picsart_02-14-05-48-571

Jika perilaku yang diharapkan berkurang, daripada melakukan hukuman, lebih baik kita lakukan penguatan. Sama halnya dalam belajar jika seseorang salah, sebaiknya diberi tahukan bukan diberi hukuman, jika benar berikanlah sebuah penguatan agar perilakunya terus ada dan tidak hilang begitu saja.

Memang tak ada salahnya menerapkan hukuman pada saat proses belajar, hanya saja sebaiknya hukuman itu diminimalisir karena hukuman menyebabkan tekanan pada seseorang yang sedang belajar. Karena masih dalam tahap belajar, kalaupun salah itu wajar, cukup berikan pengetahuan yang benar, bukan hukuman karena dalam proses belajar kesalahan adalah wajar.

 

diposting oleh : Kania Kartika

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s